Knowledge sharing dynamics pada keterlibatan penyedia layanan untuk sertivisasi perusahaan manufaktur

Gambar terkait
Perusahaan manufaktur yang mengadopsi strategi servitisasi biasanya menunjukkan kurangnya pengetahuan mengenai penawaran layanan yang terkait dengan produk manufaktur mereka. Mendapatkan pengetahuan eksternal dari pemasok layanan bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana perusahaan manufaktur yang menerapkan business model innovation (BMI) berbasis servitisasi mengintegrasikan pengetahuan tersebut dari pemasok layanan. Kami fokus pada berbagai jenis kolaborasi yang dapat terjadi dan pada dinamika knowledge sharing (KS) dari kolaborasi ini. Kami menggunakan pendekatan studi multi kasus untuk menganalisis sembilan proses BMI dari perusahaan yang mengubah business model (BM) tradisional mereka  menjadi BM yang terlayani. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan kerangka teoritis yang menyajikan enam dinamika KS yang mungkin untuk desain servitisasi dengan menggabungkan dua pendekatan utama untuk BMI berbasis servitisasi (yaitu sistem layanan produk berorientasi produk dan berorientasi layanan) dan tiga konfigurasi utama hubungan dengan pemasok layanan berdasarkan klasifikasi pengembangan produk tradisional yang baru dari integrasi pemasok pembeli (yaitu konfigurasi white box, abu-abu dan black box). Implikasi menggabungkan perspektif BMI dan pembeli-pemasok KS untuk menyelidiki proses servitisasi untuk perusahaan manufaktur kemudian dibahas.

Comments

Popular Posts